Rabu, 27 April 2016

Pengertian Lensa Normal Dalam Fotografi

Lensa normal dalam fotografi adalah lensa dengan field of view atau angle of view yang kurang lebih sama dengan field of view dari mata manusia dalam kondisi normal. Field of view sendiri bisa diartikan sebagai sudut area yang dapat dilihat oleh lensa atau mata kita. Lihat ilustrasi berikut:


Mata manusia memiliki field of view hampir 180° secara horisontal dan 135° vertikal. Namun area yang dapat dipersepsikan dengan jelas oleh manusia secara normal adalah area 60° sampai 40°. Sedangkan field of view dari lensa normal adalah 62° sampai 40°. Karena itu lensa tersebut dinamakan lensa normal karena memberikan field of view yang sama dengan mata normal kita.
Pada fotografi pengertian lensa normal adalah lensa dengan focal length 50 mm. Lensa ini dipopulerkan oleh para jurnalis foto di awal perkembangan kamera film 35mm. Karena apa yang dipersepsikan oleh mata juga tidak berbeda dengan apa yang dilihat oleh kamera dengan lensa 50 mm ini. Sehingga memungkinkan para jurnalis foto untuk cepat menangkap moment dan menghasilkan foto dengan field of view yang natural (tidak ada distorsi).
Tapi perlu dipahami bahwa lensa 50 mm akan menjadi lensa normal apabila digunakan pada kamera film 35 mm atau dengan kamera digital bersensor full frame. Apabila kita menggunakan kamera digital crop sensor apakah itu APSC atau Four-Thirds maka crop factor menjadi berpengaruh. Lihat tabel konversi berikut:



Kamera Full Frame
Jenis sensor
Crop Factor
Equivalent focal length
50 mm
Canon APS-C
1.6
31.25 mm
50 mm
Nikon DX
1.5
33.3 mm
50 mm
Four-Thirds
2
25 mm
Jadi apabila Anda pengguna kamera Canon dengan tipe yang bukan full frame, lensa normal adalah lensa 31.25 mm bukan lensa 50 mm. Begitu juga bagi pengguna Nikon tipe DX lensa normal adalah lensa 33.3 mm dan pengguna kamera sensor Four-Thirds seperti Olympus dan Panasonic, lensa normalnya adalah lensa 25 mm.
Bagi pengguna crop sensor  Canon dan Nikon, lensa yang paling dekat dengan lensa normal adalah lensa 35mm. Dengan kata lain, lensa normal kamera crop sensor Canon dan Nikon adalah lensa 35 mm bukan lensa 50 mm. Apabila Anda menggunakan lensa 50 mm di kamera crop sensor maka lensa tersebut sebenarnya terbaca sebagai lensa 80 mm (50 × 1.6) bagi Canon dan 75 mm (50 × 1.5) bagi Nikon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar