Kamis, 28 April 2016

Apa Itu Arti MM Pada Lensa Kamera DSLR

Singkatnya, MM menunjukkan panjang fokus (focal length). Tentunya kita ingin belajar lebih dari itu, apa artinya focal length dan bagaimana pemahaman serta fungsinya sehingga kita dapat meningkatkan ketrampilan fotografi kita. Seperti yang sudah kita ketahui, banyak terdapat lensa yang memiliki focal length yang berbeda-beda.

Beberapa dari lensa tersebut memiliki focal length variabel, seperti 18mm – 55mm. Akan tetapi ada juga yang memiliki focal length tetap/fixed. Lensa yang mempunyai focal length variabel disebut “zoom lens”, karena kita dapat dengan mudah mengubah focal length sehingga gambar bisa diatur mengecil atau membesar. Sedangkan lensa “fixed-length” tidak dapat melakukannya karena hanya memiliki satu ukuran focal length.


Definisi secara teori

Jika kita lihat secara matematika atau fisika, panjang fokus (focal length) adalah jarak antara lensa dan bagian belakang kamera dimana gambar terbentuk, dalam fotografi berarti sensor kamera atau film kamera. Pada lensa 55mm, berarti jarak antara lensa dan sensor kamera adalah 55 milimeter. Tentu kita tidak dapat mengukurnya secara langsung pada lensa kamera karena jarak tersebut berada dalam kamera dan lensa, tetapi jika tidak, tentu kita dapat mengukurnya langsung.

Penerapan dalam fotografi

Dari definisi secara teori sebelumnya, lalu bagaimana dapat diterapkan dalam kegiatan fotografi kita?  Gunakan pengetahuan tentang focal length tersebut sebagai keuntungan dalam meningkatkan kreatifitas kita. Apakah Anda pernah mendengar seseorang di suatu toko fotografi berbicara tentang lensa wideangle dan lensa tele ? Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang membuat sebuah lensa disebut wideangle dan sebuah lensa disebut tele? Jawabannya adalah karena focal length. Semakin kecil ukuran focal length maka sudut pandang gambar yang bisa ditangkap akan semakin lebar dan obyek akan terlihat semakin mengecil/menjauh. Sebaliknya, semakin besar ukuran focal length maka sudut pandang gambar yang bisa ditangkap semakin kecil dan obyek akan semakin terlihat membesar/mendekat. Lensa yang mempunyai angka focal length yang kecil itulah yang disebut lensa wideangle, dan lensa yang mempunyai angka focal length yang besar itulah yang disebut lensa tele.

Cara membaca kode MM pada lensa

Bagaimana kita mengenali dan membaca ukuran focal length dan memahami apa itu arti MM pada suatu lensa?  Coba kita lihat beberapa contoh berikut :
Lensa di bawah adalah contoh lensa yang mempunyai fixed focal length yaitu sebesar 50mm.


Sedangkan lensa yang satu ini adalah lensa yang mempunyai focal length variabel dengan bentang jarak sebesar 18mm sampai dengan 55mm.


Ada banyak ragam lensa dengan berbagai ukuran focal length. Kita bisa mengetahui dengan membaca kode-kode yang terdapat pada masing-masing lensa tersebut. Ragam-ragam ukuran focal length tersebutlah yang menjadikan lensa-lensa ada yang disebut lensa wideangle maupun tele. Anda bisa menyimak postingan Memahami Jenis Lensa DSLR untuk mengetahui lebih lanjut jenis-jenis lensa kamera DSLR. Untuk fungsi lensa wideangle dan lensa tele, akan saya bahas pada postingan selanjutnya.


1 komentar: